Generasi Kita sedang Tidak Baik-baik Saja

Suaramubalighah.com, Mubalighah Bicara — Berikut tanggapan Hj. Dra. Indria Hartati, M.Pd. (Mubalighah Kota Banjarbaru) terkait acara Risalah Akhir Tahun (31/12) yang bertemakan “Peduli Generasi Pemimpin Umat”:

Setelah mendengar paparan ibu-ibu cerdas yang memaparkan kepada kita, realita keadaan kita dan khususnya keadaan pemuda Islam kita, sedang tidak baik-baik saja. Ada persoalan yang sangat urgen yang perlu kita beri perhatian dan menindaklanjuti apa-apa yang sudah kita ketahui dan pahami. Jadi tidak berhenti sampai di sini. Ada ungkapan, bila kita ada ilmu dan tidak disampaikan, maka itu seperti pohon yang tak berbuah. Lapah (lelah) menanam.

Jadi perlu kita tindak lanjuti. Bagaimanapun ini adalah persoalan umat. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Barang siapa yang tidak peduli terhadap urusan umat, bukan termasuk ke dalam kelompok kami.” Jadi perlu kontribusi positif.

Dalam hadis pun dikatakan, “Kita semua adalah pemimpin dan bertanggung jawab terhadap apa yang kita pimpin.” Dari sini kita paham punya tanggung jawab, termasuk juga tanggung jawab terhadap generasi muda Islam.

Mudah-mudahan semakin banyak mubalighah yang menyadari tanggung jawabnya terhadap kebangkitan Islam, termasuk dengan menyelamatkan generasi muda Islam yang menjadi harapan umat di masa depan. Allahu Akbar! [SM/Ah]